h1

Membaca dan Menulis Permulaan

PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KARTU SUKU KATA PADA ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN) DI RA/TK CAHYA HATI DAU MALANG
TAHUN AJARAN 2009/2010

BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Bahasa Indonesia merupakan suatu ilmu yang memegang peranan penting dalam mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi karena bahasa Indonesia merupakan sarana berpikir untuk menumbuh kembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis. Mengingat pentingnya bahasa Indonesia baik dalam berbagai ilmu pengetahua maupun dalam kehidupan sehari-hari, maka bahasa Indonesia diajarkan di setiap jenjang pendidikan dan merupakan pelajaran yang penting untuk dikuasai. Oleh karena itu dalam mengajar bahasa Indonesia seorang guru diharapkan mampu membangkitkan minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia (Nurhadi dkk, 2004:16).
Pembelajaran bahasa Indonesia yang utama adalah sebagai alat komunikasi. Seorang anak belajar bahasa karena didesak oleh kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Oleh karena itu sejak dini anak-anak diarahkan agar mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk berkomunikasi dalam berbagai situasi yaitu mampu menyapa, mengajukan pertanyaan, menjawab, menyebutkan pendapat, dan perasaan melalui bahasa menurut Thahir (dalam Astutik, 2006:1).
Dasar pembelajaran bahasa Indonesia adalah pembelajaran keterampilan berbahasa yaitu keterampilan-keterampilan yang ditekankan pada keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Pembelajaran bahasa pada anak usia dini 4-6 tahun di RA/ TK diawali dengan pembelajaran reseptif. Dengan demikian keterampilan produktif dapat ikut ditinngkatkan. Empat aspek keterampilan berbahasa yang mencakup dalam pelajaran bahasa adalah: 1) keterampilan menyimak, 2) keterampilan berbicara, 3) keterampilan membaca, dan 4) keterampilan menulis menurut Tarigan (dalam Muchlisoh, 1996:257).
Berbagai upaya untuk mengatasi segala permasalahan tersebut di atas perlu dilakukan usaha yang diawali sejak anak usia dini 4-6 tahun (usia prasekolah) yaitu: 1) mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, 2) mampu berkomunikasi secara efektif, dan 3) membangkitkan minat untuk dapat bahasa Indonesia. Jika hal ini benar-benar dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah, maka bahasa Indonesia akan memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, social dan emosional anak dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari seluruh aspek perkembangan pembelajaran.
Peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan terorganisir dalam standar kompetensi, kompetensi dasar, hasil belajar, indicator dan materi pokok. Jadi standar materi membaca dan menulis permulaan yang dilakukan dengan menggunakan model kartu suku kata ini berdasarkan pada materi yang terdapat dalam kurikulum tersebut. Strandar kompetensi membaca dan menulis permulaan pada anak usia dini 4-6 tahun RA/ TK adalah anak mampu mendengarkan, berkomunikasi. Secara lisan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal symbol-simbol yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis (Depdiknas: 2004). Standar kompetensi tersebut di spesifikasikan dalam kompetensi dasar dalam bentuk membaca dan menulis permulaan dengan model kartu suku kata.
Beberapa definisi membaca dan menulis yang dikemukakan oleh para ahli WJS. Poerwodarminto (1976:71) mengatakan bahwa membaca yaitu melihat sambil mengucapkan suatu tulisan dengan tujuan ingin mengetahui isinya. Tarigan (dalam Wahyuni, 2005:21) menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambing-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang.
Metode yang digunakan adalah model kartu suku kata. Metode ini diarahkan agar tujuan belajar dapat dicapai secara efisien dan efektif dalam suasana gembira meskipun membahas hal-hal yang sulit atau berat. Model kartu suku kata digunakan sebagai bagian dari proses belajar, bukan hanya untuk mengisi waktu kosong atau sekedar permaianan. Model kartu suku kata dirancang menjadi suatu “aksi” atau kejadian yang dialami oleh peserta didik, kemudian ditarik dalam proses refleksi untuk menjadi hikmah yang mendalam (prinsip, nilai atau pelajaran) menurut Piaget (dalam Hurlock, 1978) melihat permainan kartu sebagai alat untuk membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak, memungkinkan anak untuk mempraktekkan kompetensi-kompetensi serta keterampilan yang diperlukan dengan cara yang santai dan menyenangkan.
Pendidikan anak usia dini (4-6 tahun) pada jalur non formal selain sebagai sarana bermain juga sebagai sarana belajar, untuk mempersiapkan anak didik ke jenjang selanjutnya yaitu pendidikan sekolah dasar. Kenyataan dilapangan adalah ketika peneliti mengadakan observasi kegiatan belajar mengajar di RA/ TK Cahya Hati Dau Malang ternyata masih kurang efektif, karena guru kelas masih kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat dan akurat untuk pengerjaan dan pembelajaran membaca dan menulis permulaan terhadap anak didiknya. Oleh karena itu dengan menggunakan model kartu suku kata inilah peneliti dapat mengembangkan pembelajaran membaca dan menulis permulaan sehingga ada variasi-variasi dalam mengajar di RA/ TK Cahya Hati Dau Malang.
Berdasarkan beberapa permasalahan yang ada di atas, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada materi membaca dan menulis permulaan dengan judul “Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan dengan menggunakan Model Kartu Suku Kata pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/ TK Cahya Hati Dau Malang Tahun Ajaran 2009/2010”.

1.2 Masalah Pokok
1.2.1 Masalah Umum
Bagaimanakah pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini (4-6tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010?

1.2.2 Masalah Khusus.
a)Bagaimanakah prapembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010?
b)Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini(4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010?
c)Bagaimanakah hasil pembelajaran membaca dan menulis permulaan pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang?

1.3 Tujuan Penelitian.
1.3.1 Tujuan Umum.
Untuk memperoleh deskripsi objektif pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini 4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010.

1.3.2 Tujuan Khusus.
a)Untuk memperoleh deskripsi objektif prapambelajaran membaca permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010.
b)Untuk memperoleh deskripsi objektif pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010.
c)Untuk memperoleh deskripsi objektif hasil pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan model kartu suku kata pada anak usia dini (4-6 tahun)di RA/TK Cahya Hati.

1.4. Manfaat Penelitian.
1.4.1 Manfaat Teoritis
Penelitian ini dilakukan untuk mendukung teori yang lama,karena peneliti berpendapat bahwa teori ini membantu anak dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan.Membaca sama halnya dengan melihat sambil mengucapkan suatu tulisan dengan tujuan ingin mengetahui isinya (WJS.Poerwodarminto;1976:71). Menulis juga diartikan menurunkan atau melukiskam lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami seseorang,sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut (HG. Tarigan;1986:21).

1.4.2 Manfaat Praktis
Penelitian ini berguna bagi guru,murid,sekolah dan peneliti.
a)Bagi Guru
Hasil peneliti dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan media pembelajaran kartu suku kata.
b)Bagi Anak
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan pemahaman murid tentang konsep huruf.
c)Bagi Sekolah
Dapat menyempurnakan proses belajar dan mengajar dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan di RA/TK Cahya Hati.
d)Bagi Peneliti
Dapat menambah ilmu pengetahuan terutama dalam kegiatan proses pembelajaran menulis dan membaca permulaan di RA/TK Cahya Hati.

1.5 Definisi Operasional.
Agar tidak terjadi kekeliruan pada pemahaman antara penulis dan pembaca maka penulis perlu menjelaskan beberapa istilah yang ada dalam penulisan judul penelitian ini yaitu ”Pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan kartu suku kata pada anak usia dini (4-6 tahun) di RA/TK Cahya Hati Dau Malang tahun 2009/2010”:
Pembelajaran mempunyai arti atau ruang lingkup yang luas dibanding dengan belajar dan mengajar, pembelajartan merupakan proses komunikasi dua arah; mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau anak didik. Pembelajaran di sini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan terpusat pada anak dengan melakukan pendekatan belajar aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
Membaca adalah melihat sambil mengucapkan suatu tulisan dengan tujuan ingin mengetahui isinya.
Menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang mengggambarkan suatu bahasa yang dipahami seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut.
Kartu suku kata adalah sebuah kartu yang berisikan kartu suku kata dari semua huruf.contoh: ba, bi, bu, be, bo, sampai za, zi, zu, ze, zo.

Anak usia dini adalah pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari usia 0-6 tahun.
RA (Raudlatul Athfal) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan umum dan pendidikan keagamaan islam bagi anak berusia 4-6 tahun dibawah naungan Departemen Agama (Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam) 2005.
TK (Taman Kanak-kanak) adalah salah bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: