Penelitian Pendidikan Vol 1

Nilai-Nilai Soial dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburahman El Shirazy

Danang Irawan –> Selengkapnya klik 1 Nilai-Nilai Sosial dalam NBC

Abstrak: Penelitian terhadap Novel “ Bumi Cinta “ karya Habiburrahman El-Shirazy memfokuskan dalam mencari nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kandungan bacaan yang mampu menjadikannya sebagai motivasi untuk menghadapi kehidupan sehari-hari. Nilai Sosial adalah segala sesuatu yang dianggap berharga oleh masyarakat. Pengertian nilai sosial juga merupakan anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Nilai Sosial juga suatu nilai yang dianut oleh masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat.Untuk menentukan sesuatu itu dikatakan baik atau buruk, pantas atau tidak pantas harus melalui proses menimbang. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut masyarakat. Tak heran apabila antara masyarakat yang satu dan masyarakat yang lain terdapat perbedaan tata nilai. Novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy merupakan novel pembangun jiwa yang di mana tokoh ayyas menjaga kekuatan iman yang sangat di uji saat berada di negeri komunis. Meski dengan ujian tersebut tokoh Ayyas sangat kuat untuk menahan godaan dan Ayas tetap berusaha untuk tetap hidup rukun dengan cara hidup bersosial dengan masyarakat di sekitarnya. Dalam pencipataan novel tersebut seluk beluk Negara Rusia sangat detail tertulis yang membuat pembaca seolah-olah berada di Rusia.Tujuan Penelitian dari uraian latar belakang dan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah: Menggambarkan nilai sosial tolong menolong yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Menggambarkankan nilai sosial toleransi yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Menggambarkan nilai sosial kepedulian yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy.

Kata-kata  kunci: Nilai Sosial, Novel

 

Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Kartu Suku Kata Pada Anak Usia Dini Di Ra Cahya Hati Kecamatan Dau Kabupaten Malang Tahun Peajaran 2010/2011

Emy Zulaida –> Selengkapnya klik 2 Pembelajaran Membaca Permulaan

 Abstrak: Hasil observasi pendahuluan menunjukkan sebagian besar anak di kelas RAB pada semester I mengalami kesulitan pada pembelajaran membaca permulaan. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan pembelajaran membaca permulaan dengan  menggunakan kartu suku kata, yang dilaksanakan berpusat pada anak dengan melakukan pendekatan belajar praktis, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif perencanaan pambelajaran membaca permulaan dengan menggunakan kartu suku kata pada anak usia dini  di RA Cahya Hati Kecamatan Dau Kabupaten Malang tahun pelajaran 2010/2011, untuk memperoleh deskripsi objektif  pelaksanaan pembelajaran membaca  permulaan dengan menggunakankartu suku kata pada anak usia dini  di RA Cahya Hati Kecamatan Dau Kabupaten Malang tahun pelajaran 2010/2011, untuk memperoleh deskripsi objektif pengevaluasian pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan kartu suku kata pada anak usia dini di RA  Cahya Hati Kecamatan Dau Kabupaten Malang tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kelas. Hasil penelitian yang diperoleh mencerminkan kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Dimana indikator-indikator yang ada dalam perencanaan telah dilakukan oleh anak, sehingga hasilnyapun dari 88 % anak berkemampuan baik, sedangkan 12 % berkemampaun sedang.

 Kata Kunci: membaca permulaan, kartu suku kata

Penerapan Pengintegrasian Pendidikan Berkarakter Cinta Tanah Air dalam Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas Viii Mts Yaspuri Malang

Fajrin Haji Djurai –> Selengkapnya klik 3 Pengintegrarian Pendidikan Berkarakter

ABSTRAK: Pendidikan pada dasarnya adalah upaya mewujudkan sebuah masyarakat yang ditandai adanya keluhuran budi dalam individu, keadilan dalam negara, dan sebuah kehidupan yang lebih bahagia dari setiap individunya. Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang ini bertujuan untuk: memperoleh gambaran objektif tentang perencanaan pengintegrasian pendidikan berkarakter cinta tanah air dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2012/2013, memperoleh gambaran objektif tentang pelaksanaan pengintegrasian pendidikan berkarakter cinta tanah air dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2012/2013, memperoleh gambaran objektif tentang penilaian pengintegrasian pendidikan berkarakter cinta tanah air dalam keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang tahun pelajaran 2012/2013. Penilitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kelas. Hasil penilitian menunjukan keterampilan menulis puisipada siswa kelas VIII MTs Yaspuri dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah mengintegrasikan pendidikan karakter dengn baik.

 

Penggunaan Media Karikatur untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Menulis Opini Siswa Kelas X MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Musleh Rofiqi –> Selengkapnya klik 4 Penggunaan Media Karikatur

 ABSTRAK: Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, berdasarkan hasil penelitian pendahuluan bahwa kemampuan siswa dalam menulis opini masih kurang, dan keadaan siswa kurang terkondisikan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penyesuaian metode pembelajaran, yang salah satunya dengan menggunakan media karikatur. Dalam hal ini, media karikatur ialah media yang berbasis visual (image atau perumpamaan) yang merupakan salah satu dari bentuk media pembelajaran yang memegang peranan penting dalam peningkatan keterampilan menulis opini, yang bertujuan agar memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.  Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, proses pembelajaran keterampilan menulis opini dengan menggunakan media karikatur dalam menulis opini mencapai peningkatan dan keberhasilan yang sangat baik, dan siswa lebih tertarik dalam menulis opini. Peningkatan penggunaan media karikatur dapat meningkatkan hasil menulis opini siswa, keberhasilan siswa pada siklus I adalah 67,77%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan 80,72% Hasil tersebut menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan minimum sudah dicapai, yakni lebih besar dari 70%. Jadi penggunaan media karikatur merupakan salah satu bentuk alternatif dalam memperbaiki kualitas proses belajar mengajar yang bertujuan untuk membantu siswa agar lebih aktif, kreatif.

Kata-kata kunci: penggunaan media karikatur, menulis opini.

 

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Media Karikatur Surat Kabar Siswa Kelas  MA Ma’arif  01 Oro-Oro Ombo Batu Tahun Pelajaran 2011/2012

Khomsiyatul Maziyyah –> Selengkapnya klik 5 Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen

 Abstrak: Menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang mempunyai komponen keterampilan menyimak, keterampilan berbicara dan keterampilan membaca (Tarigan, 2008:1). hasil penelitian yang dilansir oleh Menteri Pendidikan Nasional dalam pidatonya di Lemhannas sebagai berikut ”Dari hasil penelitiannya di beberapa negara, Taufik Ismail mengatakan bahwa anak-anak Indonesia lumpuh menulis” (Mendiknas, 2001:13 dalam Prasetyoningsih, 2001:3). Turayev dalam Regina Bernadette (2006 : 1) mengatakan bahwa, Cerita pendek bentuk karya sastra naratif, yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh. Oleh karena itu, dalam pemilihan media pembelajaran harus sesuai dan mampu membantu siswa mencapai kompetensi yang diinginkan. Salah satunya menggunakan media karikatur surat kabar,  media karikatur diharapkan mampu merangsang daya imajinasi siswa untuk menentukan ide yang digunakan untuk menulis cerpen.

Kata-kata kunci  : peningkatan, keterampilan, menulis cerita pendek, media karikatur surat kabar

 

Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunkan Strategi Teams Achievment Devisions (stad) pada Siswa Kelas VIII MTs. Nazhatul Mutaallimin Sampang

Moh. Rosid –> Selengkapnya klik 6 Peningkatan Keterampilan Menyimak

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan Starategi Teams Achievment Devisions (STAD) untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII MTs. Nazhatul Mutaallimin Sampang.pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini akan dilakukan dalam dua siklus, pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian PTK ini adalah siswa kelas VIII MTs. Nazhatul Muataallimin Sampang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa. Adapun hasil analisisi keterampilan menyimak berita siswa dari studi pendahuluan, ke tahap siklus I dan siklus II. Nilai Standar Kompetensi Minimal (SKM) yang ditentukan sekolah, yaitu (70). Pada studi pendahuluan, persentase jumlah siswa yang sesuai dengan SKM adalah 13 (46%) siswa. Itu berarti sebanyak 15 (54%) siswa memperoleh skor di bawah SKM. Pada tahap siklus I, persentase jumlah siswa yang mencapai nilai SKM sebanyak 23 (82,14%) siswa. Siswa yang belum mencapai nilai SKM hanya 5 (17%) siswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak berita siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahap siklus II, persentase jumlah siswa yang mencapai nilai sesuai SKM sebanyak 30 (100%). Dengan demikinan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi STAD dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII MTs. Nazhatul Muataallimin Sampang tahun pelajaran 2012/2013.

Kata-kata Kunci: Peningkatan Keterampilan Menyimak, Berita, Strategi STAD

 

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasidengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping)pada Siswa Kelas IV MI Yaspuri Malang

Nurromadani –> Selengkapnya klik 7 Peningkatan Keterampilan Menulis

 ABSTRAK: Hasil observasi pendahuluan menunjukkan sabagian besar siswa kesulitan dalam menentukan tema, membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan, serta penggunaan tanda baca dalam karangan. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan diterapkan metode  peta pikiran (mind mapping), yaitu cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan proes dan hasil menulis narasi siswa kelas IV MI Yaspuri Malang melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menulis narasi melalui metode peta pikiran baik pada proses maupun hasil. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi proses maupun hasil, yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Kata-kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis narasi, metode peta pikiran.

 

Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Teknik Problem Solving pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Batu

Nurromadona –> Selengkapnya klik 8 Peningkatan Keterampilan Berbicara

ABSTRAK: Penyebab ketidakberhasilan pembelajaran di kelas VIIIC MTs Negeri Batu adalah (1) siswa masih malu-malu berbicara, (2) kurangnya minat siswa dalam pembelajaran berbicara, dan (3) penggunaan teknik pengajaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan teknik problem solving, yaitu cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dalam usaha untuk mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan proses dan hasil berbicara siswa kelas VIIIC MTs Negeri Batu melalui pembelajaran diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berbicara melalui teknik problem solving. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi proses maupun hasil, yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.

Kata-kata kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, teknik problem solving

 

Pengembangan Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perencanaan Pembelajaran Membaca Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang

Eka Nurjanah –> Selengkapnya klik 9 Pengembangan Model Pengintergrasian

 ABSTRAK: Penelitian terhadap pendidikan karakter bukan hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter adalah usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadian-nya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu peneliti memperoleh deskripsi objektif tentang model dan hasil uji coba model pengintegrasian pendidikan karakter bangsa dalam perencanaan pembelajaran membaca pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P (model 4 P), yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dengan berbagai keterbatasan, untuk tahap penyebaran tidak dilakukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pada lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa.

Kata-kata kunci: Pengembangan, Pendidikan Karakter Bangsa, Perencanaan Pembelajaran

 

Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Novel “Padang Bulan” Karya Andrea Hirata

Subaidah –> Selengkapnya klik 10 NIilai Pendidikan

 Abstrak: Penelitian terhadap novel Padang Bulan karya Andrea Hirata memfokuskan dalam mengkaji nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Padang Bulan yang mampu memberikan manfaat kepada pembaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu peneliti mampu mengkaji (1) nilai kepribadian, (2) nilai sosial, dan (3) nilai religius. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data yang diambil bersifat kualitatif, yaitu pernyataan yang berbentuk kalimat atau paragraf yang berupa narasi, dialog, ataupun monolog. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen. teknik ini meliputi kegiatan penguntaian dan pengorganisasian data, penginterpretasian data, pengevaluasian dan penyimpulan.

 Kata kunci: nilai, pendidikan, novel

 

Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Strategi Pemodelan Pada Siswa Kelas V Mi A 12 Ardimulyo Singosari Malang

Khikmah Maimanah –> Selengkapnya klik 11 Peningkatan Menulis Laporan

 ABSTRAK: Hasil observasi dan wawancara pendahuluan menunjukkan sebagian besar siswa belum memiliki keterampilan menulis yang baik khususnya menulis laporan pengamatan. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan strategi pemodelan yang dilaksanakan melalui empat fase yakni fase atensi, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan proses dan hasil menulis laporan pengamatan siswa kelas V MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari melalui strategi pemodelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan melalui strategi pemodelan. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi proses maupun hasil yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Kata-kata kunci: peningkatan, keterampilan, menulis laporan pengamatan, strategi pemodelan

 

Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Media Poster Siswa Kelas X MA Sunan Kalijaga Banyuanyar Probolinggo

Ach. Masyadi –> Selengkapnya klik 12 Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan

 ABSTRAK: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi, baik pada aspek isi, organisasi, dan kebahasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil kemampuan menulis karangan deskripsi dengan media poster siswa kelas X. MA Sunan Kalijaga Banyuanyar Probolinggo. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan tema keindahan alam. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan media poster. Pada tahap pretes hanya mencapai 45,79%.Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media poster pada siklus I, rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan yakni 64,40%. Pada siklus II, rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa mengalami peningkatan sebesar 78,46%.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media poster, kemampuan siswa kelas X. MA Sunan Kalijaga Banyuanyar Probolinggo dalam menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan sehingga mampu mencapai standar keberhasilan yang disyaratkan, yakni 70%.

Kata-kata kunci: kemampuan menulis, deskripsi, media poster.

 

Efektivitas  Penggunaan Teknik CIRC dalam Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii MTs. Rupi Ganjaran Gondanglegi Malang

Aminah –> Selengkapnya klik 13 Efektifitas Penggunaan Teknik CRC

 ABSTRAK: Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa masih rendah dan belum menggunakan model pembelajaran yang  efektif dan efisien. Untuk mengatasi kedua masalah ini, maka digunakan teknik CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yaitu teknik komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif-kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII dengan menggunakan teknik CIRC pada kelompok eksperimen; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol; dan (3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan teknik CIRC dalam keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII MTs. RUPI Ganjaran Gondanglegi Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan teknik CIRC pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata prates dan postes yaitu kelas eksperimen 52,90 dan 63,19 (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa  yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional masih rendah, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata prates dan postes kelas kontrol yaitu 44,52 dan 45,70; (3) penggunaan teknik CIRC pada kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis narasi lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Kata-kata kunci: efektivitas, teknik CIRC, karangan narasi

 

Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VII MTs Surya Buana Kota Malang Dengan Menggunakan Teknik Gerak Mata

Tuty alawiyah –> Selengkapnya klik 14 Peningkatan Membaca Cepat

 ABSTRAK: Hasil pengamatan awal yang dilakukan di MTs Surya Buana Kota Malang menunjukkan sebagian besar siswa belum memiliki kecepatatan membaca cepat di atas 200 kata per menit. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan teknik gerak mata. Membaca cepat bukan hanya mengutamakan kecepatan membaca, tetapi pemahaman isi bacaan juga menjadi acuan keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan proses dan hasil membaca cepat dengan menggunakan teknik gerak mata siswa kelas VII MTs Surya Buana Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan membaca cepat dengan menggunakan teknik gerak mata pada tahap pretes latihan fiksasi, persepsi, konsentasi, peningkatan kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan. Hal ini ditunjukkan dari hasil refleksi proses maupun hasil, yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.

Kata-kata kunci: peningkatan, membaca cepat, pemahaman isi bacaan

 

Profil Strategi Belajar Terhadap Pencapaian Kemahiran Menyimak dan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs Ibnu Hajar Gondanglegi Malang

Nur waspodo –> Selengkapnya klik 15 Profil Trategi Membaca

Abstrak: Strategi belajar bahasa merupakan sebuah upaya yang dilakukan siswa untuk mengurangi keterbatasan-keterbatasan berbahasa dalam mencapai kemahiran berbahasa Indonesia sebagai bahasa target. Intensitas penggunaan strategi belajar mempunyai peran penting bagi siswa dalam mencapai keberhasilan berbahasa Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yaitu, profil penggunaan strategi belajar, interkorelasi antarpenggunaan keenam strategi belajar, dan efek penggunaan strategi belajar terhadap pencapaian kemahiran menulis bahasa Indonesia.untuk memperoleh hasil yang diharapkan maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Sedangkan dalam penelitian ini digunakan tiga analisis statistik, yaitu analisis faktor, anlisis korelasional, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: (1) intensitas penggunaan strategi belajar siswa MTS Ibnu Hajar Gondanglegi Malang kelas VII A  tinggi rata-rata kemahiran menyimak sebesar 3.47 adapun rata-rata kemahiran membaca sebesar 3.54, (2) penggunaan keenam strategi belajar siswa MTS Ibnu Hajar Gondanglegi Malang kelas VII A saling berkorelasi satu penggunaan strategi belajar dengan penggunaan strategi lainnya, (3) penggunaan strategi belajar merupakan prediktor terhadap pencapaian kemahiran berbahasa Indonesia siswa MTS Ibnu Hajar Gondanglegi Malang kelas VII A.

Kata kunci:Strategi belajar, kemahiran, intensitas, interkorelasi, dan pengaruh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: