Penelitian Pendidikan Vol 2

Korelasi Antara Minat Membaca Sastra Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 03 Pagak Kabupaten Malang

Arif Prasetyo –> Selengkapnya klik 1 Korelasi Minat Membaca

Abstrak: Penelitian ini fokus membahas tentang ada atau tidaknya korelasi atau hubungan antara dua variabel, yakni minat membaca sastra dan keterampilan menulis karangan narasi. Membaca dan  menulis merupakan dua hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran, baik pembelajaran bahasa Indonesia maupun pembelajaran mata pelajaran yang lain. Dua materi penting dalam  pembelajaran dalam bahasa indonesia adalah satra dan narasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) tingkatminat membaca sastra siswa kelas VIII SMP PGRI 03 Pagak Kabupaten Malang, (2) kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP PGRI 03 Pagak Kabupaten Malang, dan (3) ada atau tidaknya korelasi antara minat membaca sastra dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VIII SMP PGRI 03 Pagak Kabupaten Malang.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument angket mintat membaca sastra dan tes menulis karangan narasi.Teknik analisi data mengunakan tennik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi tata jenjang.

Kata-kata kunci: korelasi, minat membaca, sastra, menulis, naras

 

Profil Penggunaan Strategi Belajar dan Dampaknya Terhadap Pencapaian Kemahiran Menulis Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Malang

Abd. Hadi Najib –> Selengkapnya klik 2 Profil Penggunaan Strategi

ABSTRAK: Strategi belajar bahasa merupakan sebuah upaya yang dilakukan siswa untuk mengurangi keterbatasan-keterbatasan berbahasa dalam mencapai kemahiran berbahasa Indonesia sebagai bahasa target. Intensitas penggunaan strategi belajar mempunyai peran penting bagi siswa dalam mencapai keberhasilan berbahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yaitu, profil penggunaan strategi belajar, interkorelasi antarpenggunaan keenam strategi belajar, dan efek penggunaan strategi belajar terhadap pencapaian kemahiran menulis bahasa Indonesia. untuk memperoleh hasil yang diharapkan maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Sedangkan dalam penelitian ini digunakan tiga analisis statistik, yaitu analisis faktor, anlisis korelasional, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: (1) intensitas penggunaan strategi belajar siswa SMP Negeri 15 Malang kelas VII E  tinggi dengan rata-rata sebesar 3.56, (2) penggunaan keenam strategi belajar siswa SMP Negeri 15 Malang kelas VII E saling berkorelasi satu penggunaan strategi belajar dengan penggunaan strategi lainnya, (3) penggunaan strategi belajar merupakan prediktor terhadap pencapaian kemahiran berbahasa indonesia siswa SMP Negeri 15 Malang kelas VII E.

Kata kunci: strategi belajar, interkorelasi, kemahiran berbahasa Indonesia

 

Keefektifan Penggunaan Media Gambar Peristiwa dan Pengintegrasian Teknik Mind Mapping dalam  Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII MTs Nurrosyidiyah Kota Bogor

M. Safii –> Selengkapnya klik 3 Keefektifan Penggunaan Media

ABSTRAK: Hasil observasi pendahuluan menunjukkan sebagian besar siswa belum memiliki kemampuan menulis yang baik khususnya menulis puisi. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar peristiwa dan pengintegrasian teknik mind mapping. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa dengan pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar peristiwa dan pengintegrasian teknik mind mapping, untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa dengan pembelajaran menulis puisi melalui metode ceramah, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar peristiwa dan pengintegrasian teknik mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII MTs Nurrosyidiyah Kota Bogor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan kemampuan menulis puisi melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar peristiwa dan pengintegrasian teknik mind mapping. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis deskriptif statistik, yang mengalami perubahan dari pretes ke postes.

Kata-kata kunci: keefektifan, gambar peristiwa, mind mapping, pembelajaran menulis puisi.

 

Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi dengan Model Perbandingan Teks Berita Siswa Kelas X SMA Islam Addasuqi Probolinggo

Budi Sugeng Yuliawan –> Selengkapnya klik 4 Kemampuan Menulis Eksposisi

ABSTRAK: Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran eksposisi di kelas X SMA Islam Addasuqi Probolinggo, khususnya yang berkaitan dengan hasil belajar sehingga hasil belajar siswa dalam menulis karangan eksposisi dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model perbandingan teks berita pada siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen penunjang. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti, sedangkan instrumen penunjang dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran (observasi) pada siklus I, jumlah siswa yang berhasil 22 (70,46). Bahkan setelah dilakukan tindakan pada siklus II, jumlah siswa yang berhasil meningkat menjadi 31 (100%), di mana semua siswa memperoleh nilai di atas 70%. Berdasarkan hasil penelitian pada tindakan siklus I diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi yaitu 76,07% dengan tingkat keberhasilan 74,19. Setelah dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model perbandingan teks berita, maka dilakukan tindakan siklus II. Hasil postes siklus II ini ada peningkatan. Rata-rata kelas mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 84,57% dengan tingkat keberhasilan sebesar 100%.

Kata-kata kunci: kemampuan menulis, eksposisi, model perbandingan

 

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Pengintegrasian Strategi Kompensasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTS. Al-Ulum Dadapan

Luluk Ika Fatul Anisa –> Selengkapnya klik 5 Model Pembelajaran Koperatif

 ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran berbicara dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pengintegrasian strategi kompensasi pada siswa kelas VIII MTs. Al-Ulum Dadapan, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar berbicara dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT dan pengintegrasian strategi kompensasi pada siswa kelas VIII MTs. Al-Ulum Dadapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pengintegrasian strategi kompensasi terjadi perubahan yang maksimal, karena siswa mulai antusias dengan metode yang digunakan oleh peneliti, apalagi dengan adanya strategi kompensasi yang membantu siswa dalam mengatasi kesulitan berbicaranya. Dari presentase yang diperoleh pada tes akhir siklus II, dapat diketahui bahwa hasil ketuntasan siswa sudah mencapai 100% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar berbicara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan yang ditentukan oleh peneliti sudah mencapai rata-rata dan model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti sangat membantu dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII MTs. Al-Ulum Dadapan.

Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif, NHT, strategi kompensasi, keterampilan berbicara

 

Profil Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Indonesia dan Dampaknya Terhadap Kemahiran Berbicara Siswa Kelas Vii Smp Negeri 11 Malang Tahun Ajaran 2012/2013

Zuapasihuni –> Selengkapnya klik 6 Profil Penggunaan Strategi

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penggunaan setrategi belajar bahasa indonesia dan dampaknya terhadap kemahiran berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2012/2013 . Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitianya adalah deskriftif. . Data penelitian ini berupa angka atau dinyatakan dalam bentuk angka dan analisis data akan dilakukan dengan menggunakan prosedur analisis statistik yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana cara belajar siswa SMP Negeri 11 Malang. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Malang yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif  untuk analisis (1) intensitas penggunaan strategi sosial  yang paling intensif dengan mean 4.76 dan yang paling rendah intensitas penggunaannya adalah strategi kogntif dengan intensitas penggunaan 3.02. dan analisisi interkorelasinya menggunakan analisis korelasional yang menghasilkan  (2) interkorelasi antar strategi yang memiliki korelasi tingkat tinggi diperoleh antara strategi metakognitif dan memori (r=.468,p<.01) dan korelasi yang memiliki tingkat rendah afektif dan kompensasi (r=.-004,p<.01). Selajutnya untuk mengetahui pengaruh penggunaan setrategi belajar Bahasa Indonesia penelitian ini menggunakan analisis regresi sedehana, (3) Pengaruh strategi belajar terhadap capaian kemahiran berbahasa Indonesia sangat berpengaruh secara signifikan.

Kata-kata kunci: Strategi belajar, kemahiran berbicara

 

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VIII F MTs Negeri Batu

Junari –> Selengkapnya klik 7 Peningkatan Menulis Puisi

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan ketrampilan menulis puisi siswa kelas VIII F MTs Negeri Batu tahun 2012/2013 penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu (1) observasi, di gunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru (2) wawancara, di gunakan untuk mengetahui sejumlah informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran, (3) tes yang di gunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang menulis puisi dan ketuntasan belajar siswa, dan (4) catatan lapangan, di gunakan untuk melengkapi data yang tercantum dalam lembar observasi dan wawancara, sehingga tidak data penting yang terlewatkan.

 Kata-kata kunci: Peningkatan Menulis Puisi, Media Gambar

 

Peningkatan Keterampilan Berdiskusi dengan Teknik JIGSAW

Pada Siswa Kelas X A MA Miftahul Ulum Kanigoro Pagelaran Malang

Eni Susanti –> Selengkapnya klik 8 Peningkatan Ketarampilan Berdiskusi

 ABSTRAK: Penelitian pada siswa kelas X A MA Miftahul Ulum Kanigoro Pagelaran Malang yaitu untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa, percaya diri dalam mengungkapkan ide, pikiran, bantahan, persetujuan maupun pendapatnya di forum diskusi, selain itu kurang adanya kerjasama kegiatan diskusi hanya menjadi milik siswa-siswa yang aktif dan tidak semua siswa secara merata dapat mengungkapkan pendapatnya. Rumusan peenlitian dalam penelitian ini, yaitu peneliti mampu Mendeskripsikan tentang proses dan hasil peningkatan pembelajaran keterampilan berdiskusi melalui teknik jigsaw pada siswa kelas X A MA Miftahul Ulum Kanigoro Pagelaran Malang. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena datanya bersifat kualitatif, yaitu berupa berupa hasil observasi, hasil catatan lapangan, angket, dokumentasi, dan tes berdiskusi. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, lembar penilaian keterampilan berdiskusi.

Kata-kata kunci: keterampilan berdiskusi, teknik jigsaw, PTK

 

Nilai-Nilai Kehidupan dalam Novel “Sepenggal Bulan Untukmu” Karya Zhaenal Fanani

Umi Hidayatin Nisak –> Selengkapnya klik 9 Nilai-nilai Kehidupan

 Abstrak: Penelitian terhadap novel Sepenggal Bulan Untukmu Zhaenal Fanani memfokuskan pada analisis nilai kehidupan, yaitu nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya. Kandungan nilai kehidupan yang terdapat dalam novel Sepenggal Bulan untukmu mampu menjadikannya motivasi untuk menghadapi kehidupan sehari-hari, yaitu kehidupan anak manusia di desa terpencil yang jauh tertinggal oleh zaman, namun ia berusaha untuk bangkit dan mengejar ketertinggalannya dengan terus berjuang untuk mendidik anak-anak generasi mudanya demi perubahan dan kemajuan yang ia inginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu mampu mengkaji nilai kehidupan berupa (1) nilai moral, (2) nilai sosial, dan (3) nilai budaya yang terdapat dalam novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani. Untuk memperoleh hasil yang maksimal peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan jenis pendekatan analisis data karena data yang diperoleh berupa frasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks. Analisis teks ini digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yang berupa karya sastra dengan cara (1) mengidentifikasi data, (2) mengklasifikasi data, (3) mendeskripsikan, (4) menganalisis data, dan (5) menyimpulkan hasil penelitian.

 Kata kunci:  nilai kehidupan, novel sepenggal bulan untukmu

 

Korelasi antara Tingkat Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Berkenaan Dengan Keindahan Alam

Fika Frigita –> Selengkapnya klik 10 Korelasi tingkat berpikir kritis

 Abstrak: Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu tahun ajaran 2012-2013 kemampuan berpikir kritis digunakan sebagai sebagai landasan memperoleh gambaran objektif tentang kemampuan menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam siswa kelas X SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) tingkat berpikir kritis siswa kelas X SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu Tahun Ajaran 2012-2013, 2) kemampuan menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam siswa kelas X SMA Islam Hasyim Asy’ari batu tahun ajaran 2012-2013, 3) korelasi antara tingkat berpikir kritis dengan kemampuan menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam siswa kelas X SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan dengan menggunakan rumus tata jenjang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tata jenjang dengan cara (1) menghitung skor dua variable, (2) menentukan masing-masing rank pada dua variable, (3) menghitung difference kemudian dikuadratkan dan dijumlah, (4) menentukan ada tidaknya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam.

Kata Kunci: korelasi, berpikir kritis, menulis kreatif, puisi, keindahan alam.

 

Unsur Religius Dalam Novel “Di Bawah Telapak Kakimu” Karya Taufiqurrahman Al-Azizy

Nur Masrurotul Auliyah –> Selengkapnya klik 11 Unsur Religius

 ABSTRAK: Ada dua cakupan masalah yang yang menjadi fokus penelitian tentang unsur religius dalam novel Di Bawah Telapak Kakimu, yakni: 1) Bagaimanakah deskripsi nilai-nilai religius yang berhubungan dengan Allah SWT secara vertikal dalam novel Di Bawah Telapak Kakimu karya Taufiqurrahman Al-Azizy? 2) Bagaimanakah deskripsi nilai-nilai religius yang berhubungan dengan manusia secara horizontal. dalam novel Di Bawah Telapak Kakimu karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena data yang diambil berupa pernyataan yang berbentuk kalimat atau paragraf yang berupa narasi, dialog, ataupun monolog. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen. Adapun teknik dokumenter dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) membaca novel Di Bawah Telapak Kakimu karya Taufiqurrahman Al-Azizy secara berulang-ulang, 2) mencari literatur yang sesuai dengan tujuan penelitian yakni analisis novel berdasarkan pendekatan strukturalisme-genetik, 3) menyelidiki, meneliti struktur novel Di Bawah Telapak Kakimu karya Taufiqurrahman Al-Azizy dalam hubungannya dengan unsur religius secara horizontal dan vertikal, 4) menandai pada teks, 5) mengeluarkan data dari teks asli, 6) memasukkan data  ke dalam tabel.

Kata-kata kunci:  unsur religius, novel, hubungan vertikal, dan hubungan horizontal.

 

Pengintergasian Strategi Sosial dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMAI Wasilatul Huda Bojonegoro Tahun Ajaran 2012/ 2013

Fakih Udin Zaini –> Selengkapnya klik 12 Pengintegrasian Strategi Sosial

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasikan  strategi sosial dalam pembelajaran berbicara bahasa Indonesia siswa kelas XI SMAI Wasilatul Huda Bojonegoro Tahun Ajaran  2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kelas. Penelitian kelas ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAI Wasilatul Huda Bojonegoro Tahun Ajaran 2012- 2013 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi, (4) perekaman. Dalam penelitian ini peneliti mengambil berbagai foto dan video pada saat pembelajaran ataupun praktik berbicara menggunakan strategi sosial sedang berlangsung, terutama pada saat penggunaan strategi sosial. Langkah- langkah dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, inti dan akhir. Rencana pembelajaran pada kegiatan awal yang dilakukan adalah mengecek kehadiran, member motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan inti ini, siswa diusahakan mampu berbicara di depan kelas secara lancar. Sehingga pengaplikasian strategi sosial, kompensasi, dan metakognitif  menjadi efektif dalam mendukung kemahiran berbicara bahasa Indonesia. Yang ketiga perencanaan dalam kegiatan penutup adalah Semua berdoa untuk mengakhiri pelajaran. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam serta memberikan motivasi.

Kata Kunci : pengintergasian, strategi sosial, pembelajaran berbicara.

 

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Pengintegrasian Strategi Afektif dan Kompenasi pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Maarif 02 Singosari

Emi Ramadhani –> Selengkapnya klik 13 Peningkatan Keterampilan Berbicara

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peningkatan proses belajar berbicara siswa kelas VIII SMP Islam Al- Maarif  02 Singosari dengan penerapan model pengintegrasian strategi afektif dan kompensasi, 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas VIII SMP Islam Al-Maarif  02 Singosari dengan penerapan model pengintegrasian strategi afektif dan kompensasi. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK (penelitian tindakan kelas) dengan menggunakan  II siklus. Siklus I belum menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan nilai ketuntasan kurang dari 70%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan nilai ketuntasan  88%.  Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan strategi afektif dan kompensasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata Kunci: peningkatan,  strategi afektif, kompensasi, pembelajaran berbicara.

 

Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi dengan Pengintegrasian Strategi Kompensasi, Metakognitif, dan Sosial dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMPI Al-Maarif 01 Singosari Tahun Ajaran 2012/2013

Wahyu Ningsih –> Selengkapnya klik 14 Efektifitas Penggunaan Metode Demonstrasi

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berbicara kelompok eksperimen, (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara kelompok kontrol, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode demonstrasi dengan pengintegrasian strategi kompensasi, metakognitif, dan sosial dalam pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMPI Al-Maarif 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen (quasi experiment). Desain kuasi eksperimen (quasi experiment) yang digunakan adalah pretes-postest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata postest 92,47 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 88,37. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi yang diintegrasikan dengan strategi kompensasi, metakognitif dan sosial efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara khususnya pada siswa kelas VIII SMPI Al-Maarisf 01 Singosari tahun ajaran 2012/2013.

Kata-kataKunci: efektivitas, metode demonstrasi, strategi kompensasi, metakognitif dan sosial, pembelajaran berbicara.

 

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Media Gambar Faktual Pada Siswa Kelas Viii Mts Yaspuri Malang

Nurhayati Leutuang –> Selengkapnya klik 15 Kemampuan menulis

Abstrak: Hasil observasi pendahuluan menunjukkan sebagian besar siswa belum memiliki kemampuan menulis yang baik, khusunya menulis deskripsi. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar faktual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan proses dan hasil menulis teks berita dengan media gambar faktual pada siswa kelas VIII MTs Yaspuri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menulis teks berita melalui media gambar faktual baik pada tahap pratindakan maupun saat menulis. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi proses maupun hasil, yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Kata-kata kunci: peningkatan, kemampuan  menulis, teks berita, media gambar faktual.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: