Pembelajaran Menulis

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEMANFAATKAN BUKU HARIAN SISWA KELAS VII SMP PANGLIMA SUDIRMAN DESA SANANREJO KECAMATAN TUREN MALANG

IKA SURATIN

BAB I
PENDAHULUAN

I.Latar Belakang
Pembelajaran Bahasa Indonesia terintegrasi dalam empat keterampilan berbahasa yang cukup komplek adalah menulis cerpen. Salah satunya keterampilan berbahasa yang cukup komplek adalah menulis cerpen. Keterampilan bahasa lainya (membaca, menyimak, berbicara). Menulis Cerpen tidak ubahnya dengan melukis. Penulis Cerpen memiliki bayak gagasan dalam menuliskanya. Kendatipun secara teknis ada criteria-kriteria yang dapat di ikutinya, tetapi wujud yang akan dihasilkan itu sangat bergantuna kepiawaian penulis pengarang dalam mengungkapkan gagasan. Banyak orang mempuyai ide-ide bagus di benaknya sabagai hasil pengamatan, hal sehari-hari yang dilakukan, penelitiaan diskusi atau membaca. Akan tetapi,begitu ide tersebut dilaporakan secara tertulis, laporan itu terasa amat kering, kurang mengigit dan membesarkan. Fokus tulisanya tidak jelas, gaya bahasa yang digunakan monoton, pilihan katanya (diksi) kurang tepat dan tidak mengenasasaran, serta variasi kata dan kalimatnya kering.
Menulis cerpen sebagaimana bercerita, merupakan keterampilan yang produkti dan ekspresif. Perbedaanya menulis cerpen merupakan komunikasi sehari-hari yang di alami bebertatap muka (tidak langsung, sedangkan berbicara merupakan komunikasi sehari-hari yang di alami bertatap muka langsung). Menurut Azies dan Allwasilah (1996:128), ketrampilan Menulis Cerpen berhubungan earat pengalaman sehari dan membaca. Hal ini diakui pula oleh Semi (1995:5). Semakin bayak siswa yang membaca dan tiap hari punya pengalaman , cenderung semakin menulis cerpen. Dalam kaitanya dengan menulis pembelajaran harus memiliki kemampuan menggunakan ejaan, sebagai kaidah tata tulis. Ketrmpilan menulis cerpen diajarka dengan tujuan agar siswa mempuyai kemampuan dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran, pengalaman dan pendapatnya dengan memmanfaatkan buku harian mungkin merupakan suatu cara yang sangat baik bagi siswa untuk melatih diri menulis cerpen. Muchtar lubis, pengarang terkenal dan wartawan kawakan, melestarikan pikiran perasaan, gagasan serta tekadnya yang membaja melalui catatan harian tersebut bagi para pembaca sehingga mereka berani menerbitkannya dalam buku harian pada tahun 1981
Berdasarkan hal diatas penulis inggin melaksanakan penelitian dengan judul Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Memanfatkan Buku Harian Pada Siswa Kelas VII SMP Panglima Sudirman Sananrejo Turen Malang.

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Masalah Umum

Bagaimanakah pembelajaran menulis cerpen dengan memanfaatkan buku harian pada siswa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sananrejo Turen?

12.2.Masalah Pokok

1.Bagaimana perencanaan menulis cerpen dengan memanfaatkan buku harian siswa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sanan Rejo Turen?
2. Bagaimanakah pelaksanaan menulis cerpen dengan memanfatkan buku harian siswa kelas VII SMP Panglima sudirman Sanan Rejo Turen?
3. Bagainakah penyempurnaan menulis cerpen dengan memanfaatkan buku Harian siswa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sanan Rejo Turen?

1.3 Tujuan penelitian

1.3.1 Tujuan Umum
Mendeskripsikan secara objektif pembelajaran menulis cerpen dengan memanfaatkan buku harian siswa Kelas VII SMP Panglima Sudirman sanan rejo tureen.
1.3.2 Tujuan Khusus
1. Memperoleh deskripsi objektif tentang perencanaan menulis cerpen dengan menggunakan buku harian siswa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sanan Rejo Turen
2. Memperoleh deskripsi objektif tentang pelaksanaan menulis cerpen dengan meman faatkan buku harian p siswa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sanan Rejo Turen
3. Memperoleh deskrifsi objektif tentang penyempurnaan menulis cerpen dengan memanfaatkan buku harian siawa kelas VII SMP Panglima Sudirman Sanan Rejo Turen

1.4 Manfaat penelitian

1.4.1 Manfaat Teoritis
Penelitiaan ini mengembangkan pendapat. Carl Jung (1875-1961). Psikologis J ung mencatat semua impian dan khayalanya mengenai gambar, bentuk, dari lambang muncul . Ia melakukan setudi yang mendalam terhadap catatanya itu sehingga kemidian dapat mengemukakan teorinya tentang bawah kolektif.
Ahli psikologi, dan juga psikonalisa Milner mempergunakan bukuncatatan harian sebagai sarana untuk memperoleh pemahaman mengenai diri sendiri dan apa makna kebahagiaan baginya, bergantung pada kemampuanya untuk meyeimbangkan corak pemikirannya yang rasional logis dengan yang kreatif unitif.

1.4.2 Manfaat Praktis
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat:
1.Bagi kepala sekolah dapat memotivasi dan menjadikan pertimbangan guna meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.
2.Bagi guru , terutama guru bahasa Indonesia mampu memotivasi dan menyampaikan materi pelajaran dengan meman faatkan buku harian.
3.Bagi siwa dapat membantu memudahkan mengeluarkan ide atau gagasan untuk mewujudkan kemampuan kreatif pada dirinya sendiri.
4.Bagi pembaca, hasil penelitiaan ini diharapkan dapat memberikan dan pengetahuan tentang pembelajaran menulis cerpen dengan memmanfaatkan buku harian.

1.5 Definisi Oprasional
Agar tidak terjadi salah penafsiran, maka di pertegas istilah dalam penelitian ini sebagaimberikut:
1.Pembelajara ialah suatu proses kegiatan belajar mengajar dalam penyampaian materi pelajara.
2.Menulis cerpen adalah suatu kegiatan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan.
3. Memanfattkan adalah mendayagunakan sesuatu untuk sesuatu yang lain (buku harian)
4.Buku harian adalah buku yang didalamnya berupa catatan yang berisikan ide atau gagasan serta perasaan seseorang mengenai kegiatan atau peristiwa sehari-hari.
5. Jenis adalah semacam ide atau gagasan menulis buku harian yang digunakan dengan memanfattkan buku harian seperti mengungkapkan segenap perasaan tanpa kekangan, mengenali dan mengubah kebiasaan-kebiasaan pikiran yang merugikan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: