Varian Bahasa

VARIAN BAHASA PADA PENYANDANG LATAH
USIA 25-50 TAHUN DI DADAPREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

*Vikana*

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Setiap manusia mempergunakan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi. Dalam keseharianya manusia tidak pernah lepas dari bahasa. Menurut Manan (1971:1) bahasa adalah himpunan arus ujaran yang mempunyai arti atau makna tertentu, dan secara otomatis membentuk perbendaraan kata-kata di masyarakat. Penyusunan kata-kata dalam berkomunikasi harus menaati suatu kaidah tertentu di sertai ujaran baik tinggi maupun rendah, keras atau lemah.
Selanjutnya di rumuskan oleh Nababan (1992:1) bahasa adalah suatu kegiatan yang kita lakukan selama bangun bahkan juga kadang-kadang waktu tidur atau mimpi, sehingga kita menganggap berbahasa adalah sesuatu yang normal, bahkan alamiah, bahkan kita tidak memikirkannya. Tidak ada kegiatan satu manusiapun yang tidak di sertai dengan kehadiran bahasa, baik verbal maupun non verbal.
Menurut Setyono (1998:1) bahasa merupakan alat untuk menginterprestasikan dan mengekspresikan pikiran, perasaan, dan kemauan dari seseorang kepada orang lain, baik secara simbol yang telah di sepakati dan menjadi milik anggota masyarakat bahasa.
Hear (2003:1) mengatakan bahwa pembelajaran bahasa adalah salah satu masalah kompleks manusia, selain berkenaan dengan masalah bahasa, juga berkenaan dengan masalah kegiatan berbahasa yang pada dasarnya kegiatan berbahasa itu bukan anya berlangsung secara mentalistik,artinya kegiatan berbahasa itu berkaitan juga dengan proses atau kegiatan mental (otak).
Latah merupakan suatu penyakit syaraf dengan suka meniru-niru perbuatan atau ucapan orang lain. Menurut Sulistriyono (2005:1) latah adalah kebiasaan berbicara menirukata yang dilontarkan orang lain dan merupakan penyakit yang susah di sembuhkan.
Di Desa Dadaprejo fenomena latah sudah menjadi hal yang biasa karena banyaknya penduduk yang mengalami latah, penyandang latah di Desa Dadaprejo pada umumnya adalah wanita yang sudah berkeluarga.

Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Varian Bahasa Pada Penyandang Latah Usia 25-50 tahun di Desa Dadaprejo kec.Junrejo Kota Batu.

1.2 Masalah Pokok
1.2.1 Masalah Umum
Bagaimana Varian bahasa pada penyandang Latah di Desa dadaprejo kecamatan Junrejo Kota Batu?
1.2.2 Masalah khusus
Berdasarkan pokok masalah di atas peneliti menentukan sub masalah sebagai berikut:
1.Bagaimana bentuk pernyataan bahasa yang terjadi pada penyandang latah ?
2.Bagaimana Fungsi bahasa yang terjadi paa penyandang latah ?
3.Bagaimana Makna bahasa yang terjadi pafda penyandang latah?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi varian bahasa pada penyandang latah di Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu.
1.3.2Tujuan Khusus
1.mendeskripsikan bentuk pernyataan oleh penyandang latah.
2.mendeskripsikan fungsi bahasa pada penyandang latah.
3.mendiskripsikan makna bahasa yang terjadi pada penyandang latah.

1.4Manfaat Penelitian
1.4.1Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini mendukung pendapat Keraf (2001:1-2) bahwa bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang di hasilkan oleh alat ucap manusia dan bukannya sembarang bunyi.
1.4.2Manfaat Praktis
Bagi pendidik juga masyarakat penelitian ini di harapkan dapat memperkaya pengetahuan,bahwa latah merupakan salah satu bentuk gangguan berbahasa, sehingga dapat menjadikan wacana dalam penyembuhan dan menciptakan komunikasi yang baik.

1.5Definisi Operasional
1.Varian bahasa adalah ragam bahasa yang di gunakan oleh penyandang latah yang memiliki jumblah relatif.
2.penyandang latah adalah seseorang yang mengalami latah atau suka meniru orang lain baik verbal maupun non verbal.
3.latah adalah gangguan berbahasa di mana penderita cenderung untuk meniru perkataan atau tindakan orang lain.dengan munculnya bentuk verbal, verbal di iringi non verbal dan nonverbal menggantkan verbal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: